Sistem informasi manajemen tutorial online


Diskusi 1
sistem informasi manajemen
oleh Gadis Manis


Saat ini dan dimasa mendatang, perhatian terhadap kebutuhan sistem informasi akan terus meningkat, disebabkan karena perkembangan kompleksitas dalam bisnis dan perkembangan teknologi informasi. Sistem Informasi Manajemen merupakan salah satu jenis sistem informasi, yang secara khusus ditujukan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen untuk pengambilan keputusan didalam sebuah organisasi.
Sebagai bahan diskusi, bagaimana kira-kira perkembangan SI dalam 5 tahun mendatang menurun saudara?
 selamat berdiskusi
jawab:
mengenai perkembangan sistem informasi yang semakin pesat dan maju, saya akan memprediksi 5 tahun kedepan mengenai perubahaan yang akan terjadi. Yaitu Komputer akan sangat berperan dalam pengelolaan kota. Keterlibatan manusia akan semakin berkurang, namun lebih mengoptimalkan fungsi komputer. Dalam hal ini sistem komputerisasi akan banyak dipergunakan dalam pengelolaan dan pengaturan berbagai bidang kehidupan di kota. Beberapa kota besar di dunia telah memanfaatkan sistem teknologi untuk memantau arus lalu lintas secara terus-menerus. Tapi di Indonesia belum secara keseluruhan menggunakan sistem komputerisasi untuk pengelolaan kota. Jadi dengan begitu tidak ada lagi namanya macet di ibu kota kita dan tentunya sumber daya manusia (SDM) yang mengatur lalu lintas bisa di fungsikan ketempat lain. Peran saya disini dalam hal memajukan atau mengembangin teknologi informasi melalui sistem komputerisasi terhadap pengelolaan kota di Indonesia adalah melalui Sensor yang mendeteksi jika terjadinya macet. Kalau terjadi macet si sensor akan mendeteksi dan memberikan informasi kepada si Robot yang sudah ditempatkan di setiap tempat lalu lintas. Jadi si robot langsung keluar dan memberikan arahan-arahan terhadap kendaraan tersebut agar lalu lintas berjalan normal kembali. Inilah gambaran yang dapat saya berikan agar lalu lintas di kota kita berjalan normal. Pastinya memerlukan dukungan dari Pemerintah dan Masyarakat secara penuh dan memerlukan dana yang cukup mahal. Tapi hasilnya tentu dapat kita rasakan perbedaannya dari yang sekarang. Karena bukankah hari esok harus lebih baik dari hari ini.
jawab:

Perkembangan Sistem informasi untuk 5 tahun yang akan datang antaralain :
  1. Dalam 5 tahun ke depan, kita akan menyaksikan peningkatan kecepatan jaringan internet rumahan sebesar 20 kali lipat.
  2. Pada tahun 2018, lalu-lintas jaringan nirkabel akan mencapai 400 petabyte perbulan. Sekarang ini, jaringan di seluruh dunia mentrasnfer data lebih dari 9 exabyte per bulan.
  3. Pada akhir tahun 2018, akan terjadi perbandingan satu miliar transistor per orang. Masing-masing transistor seharga sepersepuluh juta sen.
  4. Internet akan berevolusi menjadi sarana komunikasi instan, tanpa peduli jarak.
  5. Komputer kuantum komersial yang pertama akan tersedia pada pertengahan tahun 2020.
  6. Pada tahun 2020, PC seharga $1.000 akan memiliki kemampuan memproses setara dengan otak manusia.
  7. Pada tahun 2030, kemampuan memproses PC seharga $1.000 akan seimbang dengan kemampuan otak sekampung manusia.
  8. Pada tahun 2050 (dengan mengasumsikan bahwa jumlah total populasi dunia adalah 9 miliar), kemampuan memproses PC seharga $1.000 akan seimbang dengan kemampuan otak keseluruhan manusia di bumi.
  9. Hari ini, kita mengetahui 5% dari apa yang akan kita ketahui 50 tahun ke depan. Dengan kata lain, dalam 50 tahun, 95% dari apa yang akan kita ketahui, ditemukan di tahun-tahun sebelumnya.
  10. Besar data di dunia akan meningkat enam kali lipat dalam dua tahun kedepan, sementara data perusahaan akan meningkat lima puluh kali lipat
Dari uraian diatas tentang perkembangan sitem infomasi akan mengalami kenaikan yang sangat cepat dan ini tidak bisa dibendung karena ini merupakan kebutuhan manusia dimasa yang akan datang

Comments

Popular posts from this blog

Setiap pendekatan mempunyai kelebihan dan kelemahan Jelaskan kelebihan dan kelemahan Pendekatan Sistem

Soal Diskusi 7 Pengantar Ilmu Ekonomi

Kisi Kisi Bahasa Inggris Niaga Universitas Terbuka