Sistem informasi manajemen contoh bentuk informasi yang anda butuhkan sehari-hari


Diskusi 2 sistem informasi manajemen
oleh Gadis Manis

Terdapat perbedaan antara data dan informasi. Data seringkali disebut sebagai bahan mentah informasi. Sedangkan informasi adalah data yang telah diolah, yang berguna untuk mengambil keputusan. Informasi dapat berupa laporan, model deskriptif, dan bentuk statistik. Data harus diolah menjadi informasi, melalui suatu proses transformasi. Pekerjaan utama sistem informasi manajemen adalah mengolah data menjadi informasi. Pekerjaan sistem informasi manajemen dimulai dari pengumpulan data. Bentuk pengolahan data dapat terdiri dari klasifikasi, sortir, kalkulasi, penyimpanan, updating, sampai dengan penyediaan informasi.
Informasi yang dapat dijadikan bahan dalam pengambilan keputusan adalah informasi yang berkualitas. Karakteristik informasi yang berkualitas adalah akurat, tepat pada waktunya, dan relevan.
Sebagai bahan diskusi :
Dalam kegiatan pekerjaan anda sehari-hari, berikan contoh bentuk informasi yang anda butuhkan sehari-hari? dan bagaimana anda mendapatkan informasi tersebut? dan butuh berapa lama?
Mengapa rata-rata proses untuk mendapatkan informasi yang baik itu memakan waktu? jelaskan!
Selamat berdiskusi..!!
jawab

Dalam kegiatan pekerjaan anda sehari-hari, berikan contoh bentuk informasi yang anda butuhkan sehari-hari? dan bagaimana anda mendapatkan informasi tersebut?
  •  Informasi akademis yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data akademis dan mendaftar mata kuliah yang diambil pada tiap semester. Dengan adanya layanan sistem informasi ini, sangat memudahkan mahasiswa dalam setiap kepentingannya, ketika mengisi KRS kita tidak harus berangkat ke kampus hanya untuk mengisi KRS saja. Kita sudah bisa mengakses lewat internet sehingga bisa di akses dimana saja sekalipun kita sedang berada di luar kota. Semua informasi bisa kita dapatkan disini, mulai dari rekap nilai kita dalam setiap semester, kemudian pendaftaran-pendaftaran seperti KKN, wisuda, dll.
  • Informasi Pemesanan tiket secara online, misalnya pemesanan tiket kereta atau pesawat. Melalui sistem informasi ini kita tidak harus lagi cape antri di loket untuk membeli tiket, kita cukup buka internet kemudian melakukan transaksi untuk pembelian atau pemesanan tiket yang kita perlukan, sehingga menghemat waktu juga hemat tenaga dan meminimalisir kemungkinan kehabisan tiket.
dan butuh berapa lama? dengan waktu yang singkat.
Mengapa rata-rata proses untuk mendapatkan informasi yang baik itu memakan waktu? jelaskan. Karena untuk mendapatkan informasi yang akurat.
Informasi dapat dikatakan akurat apabila dapat memberikan/mengatakan informasi sesuai dengan fakta yang ada dan sesuai. Informasi adalah data yang sudah diproses ke dalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan mempunyai nilai nyata, sehingga dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil keputusan, dan terasa bagi keputusan saat itu atau keputusan mendatang. Sedangkan akurat berarti teliti, tepat, cermat.
Terimakasih.
jawab
Contoh informasi yang saya butuhkan misalnya adalah ketika saya mau membeli saham dari MNC Group di bursa efek informasi pertama yang saya harus butuhkan adalah laporan keuangan Perusahaan MNC Group tersebut dan berapa laba atau deviden yang dibukukan /diperoleh perusahaan tersebut, jika laba yang dibukukan positif (laba) maka saya akan membeli saham tersebut dari contoh kasus tersebut saya akan melihat berapa harga perlembar saham yang dijual di Bursa efek Jakarta .
Cara saya mendapat  Informasi  yaitu melihat berita tentang peridksi naik atau turunya saham di media massa, atau tv atau dari data securitas
Waktu yang saya butuhkan tidak lama sangat cepat sekali saat ini tergantung kualitas dan akurasi informasi
Ada beberapa hal yang yang harus kita ketahui untuk mendapat informasi yang baik antaralain :
  1. Sumber informasi harus baik dan akurat
    Untuk mendapatkan informasi yang akurat tidak kalah penting adalah tentang sumber informasi itu sendiri. Sumber informasi ada berbagai macam, antara lain: tokoh (orang), media massa, media elektronik, buku, jurnal, artikel, pengumunan lembaga atau instansi. Sumber informasi tersebut harus akurat. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai memilih dan melakukan audit terhadap informasi yang kita dapatkkan (akan kita olah). Jangan sekali-kali mengambil data dari sebuah sumber yang tidak valid. Misalnya, kita ingin menanyakan alamat rumah. Tanyalah pada security atau satpam setempat, jangan pada sembarang orang yang sedang lewat.
  2. Kesesuaian antara kebutuhan informasi dengan informasi yang dicari (didapatkan)
    Bisa terjadi sumber informasi yang kita gunakan sudah akurat (dalam arti dari sumber yang bisa dipercaya dan dipertanggungkawabkan), tetapi informasi yang kita dapatkan menjadi tidak akurat. Kenapa ini bisa terjadi? Ini terjadi karena adanya miss understanding antara kebutuhan informasi kita dengan informasi yang kita cari atau kita dapatkan. Misalnya, kita ingin mencari info tentang harga hotel kelas “melati” di Jogja, tapi yang kita cari adalah harga hotel tipe “bintang 5”. Sumber informasi kita akurat(dalam arti dari sumber yang bisa dipercaya dan dipertanggungkawabkan), karena melihat di price list sebuah agen wisata. Namun, informasi menjadi tidak akurat, karena tidak cocok (tidak sesuai) dengan yang dibutuhkan.
  3. Proses pemindahan informasi dari sumber ke penerima
    Proses pemindahan informasi bisa melalui melihat, membaca, mendengarkan, atau merasakan. Untuk bisa mendapatkan informasi yang akurat, masing-masing fungsi ini harus berjalan dengan baik. Bisa jadi, sumber dan kesesuaian kebutuhan informasi (poin 1 dan 2 ) sudah terpenuhi dengan baik, namun proses pemindahannya tidak berjalan sesuai dengan standar. Misalnya, dalam sebuah forum diskusi Dosen menjelaskan dengan baik sesuai dengan silabus dan menggunakan buku acuan sesuai yang ditetapkan oleh kampus, namun Mahasiswa A sedang melamun (tidak konsentrasi) dalam mendengarkan penjelasan dosen. Mahasiswa A ini tidak mendapatkan informasi yang akurat dari Dosen.
dari 3 penjelasan diatas kualitas dan akuntablitas sangat mempengaruhi kualitas data tersebut

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Setiap pendekatan mempunyai kelebihan dan kelemahan Jelaskan kelebihan dan kelemahan Pendekatan Sistem

Soal Diskusi 7 Pengantar Ilmu Ekonomi

Kisi Kisi Bahasa Inggris Niaga Universitas Terbuka