GSB model ini cukup efektif dalam menekan pemerintah dan menumbuhkan partisipasi politik rakyat Indonesia




Diskusi 2
Pengantar Ilmu Politik
oleh: Gadis Manis

Demokrasi di Indonesia sudah masuk dalam tahap konsolidasi dengan penguatan nilai-nilai demokrasi. Penguatan nilai-nilai ini ditandai dengan partisipasi rakyat yang tinggi dalam kehidupan politik yang salah satunya diwujudkan melalui Gerakan Sosial Baru (GSB).
Salah satu contoh riil adalah keterlibatan masyarakat luas dalam menekan kebijakan pemerintah adalah melalui gerakan petani seperti dalam tulisan Suharko dan Ahmad Sufyan (terlampir), gerakan netizen dan lainnya.
Merujuk pada pernyataan di atas, mohon anda jawab dan diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1. Apa yang dimaksud dengan Gerakan Sosial Baru?
2. Menurut anda, apakah  yang menyebabkan Gerakan Sosial Baru sekarang ini banyak tumbuh di Indonesia?
3. Apakah GSB model ini cukup efektif dalam menekan pemerintah dan menumbuhkan partisipasi politik rakyat Indonesia?
jawab
  1. Gerakan Sosial Baru sendiri adalah aktivitas sosial berupa gerakan sejenis tindakan sekelompok yang merupakan kelompok informal yang berbentuk organisasi, berjumlah besar atau individu yang secara spesifik berfokus pada suatu isu-isu sosial atau politik dengan melaksanakan, menolak, atau mengkampanyekan sebuah perubahan social yang berasal dari perkembangan melalui konsep gerakan sosial yang hadir untuk mengoreksi prinsip-prinsip, strategi, aksi ataupun pilihan ideologis yang digunakan Gerakan Sosial Lama (GSL) atau Old Social Movement dulu. Dan merupakan proses perjuangan secara diam-diam dalam melawan batasan-batasan model konvensional hingga membuka sebuah dataran luas aksi-aksi kolektif masyarakat.
  2. Penyebabnya menurut saya karena banyak dan marak hal – hal yang menyimpang, dan sudah tidak sesuai dengan hak yang di dapat. Bahkan banyak sekarang yang melakukan tindakan buruk dan sewenang – wenang tanpa memikirkan nasib dan kehidupan masyarakat untuk hidup sejahtera selayak –layaknya. Pembatasan partisipasi politik masyarakat dalam penerapan kebijakanpun menjadi sempit.
  3. Untuk efektif tidaknya, menurut saya adalah efektif. Mengapa demikian ? karena dengan adanya gerakan GSB ini masyarakat dapat menuwaikan pendapat atau kemauannya kepada pemerintah atau yang bersangkutan. Menjadikan masyarakat menemukan ruang baru. Dan dapat berbagi pendapat tentang suatu permasalahan politik. Bahkan tidak hanya warga, para aktor politik pun dapat membenahinya dan menyuarakan opininya . Sederhananya, terdapat kebebasan terbuka untuk berkomentar. Gerakan sosial baru juga mengadopsi bentuk – bentuk organisasi dan taktik baru untuk memajukkan diri dan menyatakan aspirasinya kepada penguasa. Selain itu tujuan gerakan sosial baru adalah untuk menata kembali relasi negara, masyarakat dan perekonomian, dan untuk menciptakan ruang publik di dalamnya wacana demokratis ihwal otonomi dan kebebasan individual dan kolektivitas serta identitas dan orientasi mereka, bisa didiskusikan dan diperiksa.
 Demikian uraian dari saya. Terimakasih, salam.
jawab: 

aktivitas sosial berupa gerakan sejenis tindakan sekelompok yang merupakan kelompok informal yang berbentuk organisasi, berjumlah besar atau individu yang secara spesifik berfokus pada suatu isu-isu sosial atau politik dengan melaksanakan, menolak, atau mengkampanyekan sebuah perubahan sosial.
Sejumlah ahli sosiologi menekankan pada segi kolektif dan gerakan sosial ini, sedangkan diantara mereka ada pula yang menambahkan segi kesengajaan, organisasi dan kesinambungan.[3] Definisikan gerakan sosial sebagai: “any board social alliance of people who are associated in seeking to effect or to block an aspect of social change within a society” artinya, Suatu aliansi sosial sejumlah besar orang yang berserikat untuk mendorong ataupun menghambat suatu segi perubahan sosial dalam suatu masyarakat.[4]
Organisasi yang dinamis adalah organisasi yang mampu berkolaborasi dengan sekitarnya. Ketika sumber daya yang ada dapat berkolaborasi dan berbaur dengan sekitar maka akan tercipta sebuah gerakan yang besar dan terarah. Jika subjek-subjek yang berada didalam sebuah wadah organisasi mampu meningkatkan kualitas diri dan mampu meningkatkan jejaring komunikasi dan kerjasama. Tentunya konsep TriNetwork ini akan menjadi sebuah konsep yang mampu memberikan arah perubahan yang cukup bagi kemajuan organisasi.
Konsep TriNetwork ini adalah sebuah ilmu yang memposisikan diri organisasi dari 3 (Tiga) aspek penting dalam dunia kemasyarakatan. Aspek tersebut adalah:
Ø  Masyarakat
Sebuah Organisasi yang mandiri harusnya memiliki sebuah tujuan agar dapat melakukan perubahan dan tentunya harus berorientasi terhadap masyarakat. Perjuangan yang tak berorientasi tujuan maka akan sia-sia karena tidak ada yang akan merasakan hasil dan yang mampu memberikan sebuah respons terhadap kinerja organisasi
Ø  Pemerintah
Sebagai penguasa dinegara adalah pemerintah, karena itu wajib hukumnya kita berkolaborasi dengan penguasa agar kita dapat memberikan fungsi Sosial Control kita agar Policy yang ditetapkan dapat bersinergi dengan tujuan kita. Tak lepas dari itu kita juga memiliki peran yang sentral dalam upaya pemberdayaan masyarakat yang tentunya merupakan prioritas dari pemerintahan untuk mensejahterakan rakyat dan tentunya bersinergi dengan aspek yang pertama yaitu tujuan (masyarakat)
Ø  Instansi Swasta
Instansi swasta merupakan aspek yang ketiga karena perkembangan dunia Ekonomi tak akan lepas dari peran instansi swasta. Aspek yang menjadi sentral dan tentunya berakibat yang sangat fatal jika ekonomi mengalami kolaps dan mengakibatkan masyarakat menderita.
Ketiga aspek tersebut harusnya menjadi sebuah sinergi dalam satu arah gerak dalam membuat kebijakan organisasi yang berorientasi tujuan dan jejaring.[5]
Konsep Dalam Marxisme tradisional perjuangan kelas ditempatkan pada titik sentral dan faktor esensial dalam menentukan suatu perubahan sosial. Masyarakat kapitalis dibagi menjadi dua kelas utama, yaitu kelas proletar (kelas yang dieksploitasi) dan kelas kapitalis (kelas yang mengeksploitasi). Oleh karena itu, dalam perspektif ini, masyarakat terdiri dari dua unsur esensial, yaitu dasar dan superstruktur.
Unsur dasar adalah faktor ekonomi, dianggap sebagai landasan yang secara esensial menentukan dalam perubahan sosial. Sedangkan superstruktur, adalah faktor pendidikan, budaya, dan ideologi yang berada di tempat kedua, karena faktor tersebut ditentukan oleh kondisi perekonomian. Dengan demikian, menurut pendekatan ini, perubahan sosial terkaji dikarenakan adanya perjuangan kelas, yaitu kelas yang dieksploitasi (buruh) berjuang melawan kelas yang mengeksploitasi (kelas kapitalis).
jawab: 
Gerakan sosial baru pada dasarnya merupakan upaya kolektif untuk mengejar suatu kepentingan bersama atau mencapai tujuan bersama melalui tindakan kolektif
Gerakan sosial baru banyak tumbuh di Indonesia karena adanya masalah sosial dan untuk memecahkannya masyarakat secara gigih masyarakat melibatkan diri dalam collective action. Orientasi gerakan sosial adalah terciptanya tatanan lebih berkeadilan sosial melalui perubahan sosial dari yang semula sarat dengan eksploitasi menuju keseimbangan yang relatif bisa memuaskan semua komponen. Gerakan sosial baru banyak tumbuh di Indonesia merupakan perkembangan konsep dari gerakan sosial untuk mengoreksi prinsip-prinsip, strategi, aksi ataupun pilihan ideologis yang digunakan Gerakan sosial lama dengan tujuan ekonomis material sebagaimana tercermin dari gerakan kaum buruh. Oleh karena itu GBL menetapkan tujuan-tujuan non ekonomis material, lebih menekankan pada perubahan-perubahan gaya hidup dan kebudayaan daripada mendorong perubahan spesifik dalam kebijakan publik atau perubahan ekonomi.
GBS model ini cukup efektif dalam menekan pemerintah dan menumbuhkan politik rakyat Indonesia karena munculnya fenomena gerakan tidak terlepas dari pandangan yang beranggapan bahwa gerakan sosial sebagai kekuatan yang cukup efektif untuk menciptakan adanya perubahan dan tatanan yang sesuai dengan kehendak masyarakat.

Comments

Popular posts from this blog

Setiap pendekatan mempunyai kelebihan dan kelemahan Jelaskan kelebihan dan kelemahan Pendekatan Sistem

Soal Diskusi 7 Pengantar Ilmu Ekonomi

Kisi Kisi Bahasa Inggris Niaga Universitas Terbuka