Pasar Bebas Asean Diskusi Tutorial Online Universitas Terbuka



Pasar bebas asean diskusi 2
oleh Gadis manis


Forum Diskusi Inisiasi 2

Saat ini Indonesia dihadapkan pada sebuah dilema. Pada satu sisi Indonesia harus menerima perjanjian perdagangan bebas, di sisi lain sepertinya Indonesia masih belum siap untuk masuk dalam perdagangan bebas. Berikan tanggapan Anda!
Jawab:

    Pasar bebas ASEAN akan segera dimulai, Indonesia dan negara-negara diwilayah Asia Tenggara akan membentuk sebuah agenda integrasi ekonomi atau disebut MEA (Masyarakat Ekonomi Asia). MEA bertujuan untuk mempermudah dalam melakukan kegiatan ekonomi lintas negara, misalnya dengan melakukan perdagangan barang atau jasa maupun investasi dan juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dengan adanya MEA ini akan memungkinkan suatu negara dengan bebas dan mudah untuk menjual barang atau jasa dengan tanpa syrat diwilayah negara ASEAN. 
Namun, dengan adanya MEA ini dapat memberi dampak positif dan negatif terhadap negara Indonesia, dampak positifnya yaitu :
- Meningkatkan kegiatan ekspor, sehingga akan meningkatkan GDP Indonesia.
- Membuka lapangan kerja dan pengembangan sumber daya manusia yang lebih mudah kepada pasar dunia.
- Lebih mudah melakukan akses ke luar negaeri tanpa hambatan dan syarat tertentu.
Di sisi lain, MEA juga membawa dampak negatif bagi Indonesia yaitu :
- Maraknya barang impor yang datang ke Indonesia dan ini akan mengancam industri lokal.
- Eksploitasi besar terhadap ketersediaan sumber daya alam Indonesia oleh perusahaan asing yang masuk ke wilayah Indonesia.
 - Persaingan dalam mencari pekerjaan akan semakin sulit.
Oleh karena itu, menurut saya Indonesia masih belum siap dalam menghadapi pasar bebas, karena dilihat dari sisi pendidikan dan produktifitas Indonesia yang masih kalah saing dengan negara-negara ASEAN yang lainnya seperti Singapore, Malaysia, dan lainnya terutam dalam kemampuan bahasanya. Meskipun melimpahnya sumber daya alam diIndonesia tetapi jika tidak diimbangi dengan ketersediaan dan kualitas infrastruktur yang lebih baik, maka akan sulit bagi Indonesia dalam persaingan di pasar bebas.
Indonesia harus memiliki strategi yang kuat terlebih dahulu agar dapat bertahan menghadapi pasar bebas, dalam hal ini peran pemerintah sangat dibutukan dalam membangun strategi-strategi yang kuat dalam arus ekonomi inidengan cara memberlakukan syarat terhadap perdagangan barang/jasa yang masuk ke Indonesia, melindungi sumber daya alam agar tidak dengan mudah di eksploitasi oleh negara lain, dan yang paling utama harus memperbaiki sumber daya manusia agar lebih baik lagi sehingga dapat menghadapi pasar bebas mendatang. 

Terimakasih.
Referensi 
- BMP ADBI4130
- https://hazistrihartoyo.wordpress.com/2014/10/11/siapkah-indonesia-menghadapi-pasar-bebas-2015/

Semoga sedikit membantu bagi teman teman yang lagi mencari kisi kisi universitas terbuka

Comments

Popular posts from this blog

Setiap pendekatan mempunyai kelebihan dan kelemahan Jelaskan kelebihan dan kelemahan Pendekatan Sistem

Soal Diskusi 7 Pengantar Ilmu Ekonomi

Kisi Kisi Bahasa Inggris Niaga Universitas Terbuka