Kisi Kisi Perencanaan dan pengembangan bisnis Universitas Terbuka
Pengembangan Dan Perencanaan Bisnis
oleh : Gadis Manis
TUGAS 1
Dalam dunia
otomotif (khususnya kendaraan roda 4 atau lebih) di Indonesia, terdapat
beberapa pemasin besar, baik dari Jepang, Korea Selatan, dan perusahaan lain
dari beberapa negara Eropa. Coba Anda ambil satu contoh perusahaan otomotif
roda empat di Indonesia, kemudian Anda identifikasi lingkungan internal
perusahaan tersebut dan berikan penjelasan secara singkat.
Toyota Motor
Corporation atau yang lebih dikenal dengan Toyota adalah sebuah perusahaan
otomotif yang didirikan oleh Kiichiro Toyoda yang berasal dari Jepang, Toyoda
juga merupakan nama pertama dari Toyota sebelum berganti nama, Toyota pertama
kali didirikan pada September 1933 sebagai divisi mobil Pabrik Tenun Otomatis
Toyoda. Divisi mobil perusahaan tersebut kemudian dipisahkan pada 27 Agustus
1937 untuk menciptakan Toyota Motor Corporation seperti saat ini. Toyota
merupakan pabrik mobil terbesar di dunia dengan produksi 8-8,5 juta unit mobil
setiap tahunnya dan Toyota berhasil membuat mobil-mobil yang sangat populer di
dunia seperti Toyota Camry yang berhasil menjadi mobil terlaris di Amerika dan
Land Cruiser mobil tangguh di segala medan.
Toyota
pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1971 melalui PT. Toyota Astra Motor
(TAM) atau yang sekarang dikenal dengan PT Astra International Motor Pada
awalnya TAM hanya berfungsi sebagai importir namun setahun kemudian TAM sukses
menjadi distributor juga untuk mobil toyota di seluruh asia-pasifik, dan pada
tahun 1977 muncullah Toyota Kijang yang sekarang menjadi kendaraan minibus
paling populer di Indonesia. Toyota Kijang sekarang telah 5 kali berganti tipe
dan model sejak awal kemunculannya hingga sekarang menjadi Toyota Kijang Innova
dan penjualannya selalu mencapai angka yang besar, jauh di atas
pesaing-pesaingnya seperti Mitsubishi Colt, Suzuki Carry, dan Isuzu Panther.
Pada
tahun 1999 Toyota mengakuisisi 51,19% saham Daihatsu dan ini menjadi cikal
bakal dari kolaborasi Toyota-Daihatsu melalui Astra di Indonesia pada tahun
2004 yang menghasilkan mobil MPV (Multi-Purpose Vehicle) sejuta umat di
Indonesia yaitu Avanza-Xenia yang diproduksi oleh Astra yang sejak awal
kemunculannya sampai sekarang penjualannya di Indonesia mencapai 1 juta unit,
tidak hanya Avanza-Xenia tapi kolaborasi juga menghasilkan mobil populer
lainnya seperti Rush-Terios dan yang kemaren baru saja diluncurkan yaitu
Agya-Ayla
Tak
hanya mobil-mobil itu saja Toyota juga berhasil memproduksi mobil yang angka
penjualannya tinggi dan memimpin di dunia sejak awal kemunculannya sebut saja
di tipe sedan yaitu Toyota Corolla, Camry, Corona, di tipe hatchback yaitu
Toyota Yaris yang menjadi salah satu hatchback paling laris di dunia dan masih
banyak lagi.
Strategi
kesuksesan Toyota dalam produksi mobilnya adalah Toyota selalu menampilkan
inovasi terbaru dalam setiap produknya yang sedang trend atau dibutuhkan pasar.
Contohnya, Toyota memproduksi Land Cruiser, mobil station wagon 4 wheel drive
paling sukses di dunia. Mobil ini sudah didesain berbagai jenis seperti
Hardtop, Lux, dan Station Wagon, Land Cruiser terkenal akan ketangguhannya di
segala medan tak heran pada masa perang di Afrika mobil ini sangat dibutuhkan
dan digunakan sebagai kendaraan perang menyaingi Jeep Willis pada waktu itu
Contoh
inovasi toyota lainnya adalah Toyota Yaris yang menjadi mobil tipe hatchback
yang populer di masyarakat saat ini karena mobil jenis ini sangat efisien dan
irit BBM target utama Toyota dalam memasarkan Yaris ini adalah kalangan
anak muda dan eksekutif muda yang membutuhkan mobil irit, efisien, bertenaga
dan mempunyai bentuk yang mudah untuk dimodifikasi. Toyota Yaris jugalah yang
pertama kali membuat teknologi smart system, yaitu membuka mobil tanpa kunci
dengan hanya menekan kode dan memencet tombol mobil sudah langsung menyala.
Produksi Yaris ini juga untuk menyaingi rival utama Toyota di Indonesia yaitu
Honda dengan Honda Jazz-nya
Keberhasilan
Toyota yang paling utama saat ini adalah Toyota mampu membuat mobil dengan
jenis yang sesuai dengan target pasarannya dan dengan harga yang terjangkau,
contohnya saja Avanza, konsumen Avanza rata-rata adalah adalah masyarakat first
buyer atau orang yang baru saja membeli mobil pertamanya atau instansi yang
membutuhkan mobil dinas yang efisien, dengan harga dibawah 180 juta masyarakat
menenegah bisa membeli mobil keluarga tersebut. Contoh lainnya adalah Toyota
Camry, target pemasaran Camry adalah masyarakat menengah keatas yang
membutuhkan sedan dengan kapabilitas, kemewahan, dan kenyamanan tinggi yang
tidak kalah dengan mobil Eropa, tak heran angka penjualan Camry melebihi
penjualan sedan mewah Eropa lainnya seperti Mercedes Benz dan BMW. Toyota juga
berhasil membuat mobil yang cocok untuk dibuat usaha seperti Toyota Soluna dan
Vios yang sebagian besar dipakai oleh perusahaan jasa angkutan umum taxi.
Dengan model yang elegan, kenyamanan yang cukup tinggi irit BBM dan mempunyai
daya tahan tinggi Soluna dan Vios layak dipakai sebagai unit taxi. Toyota juga
membuat mobil tipe sport yang di khusukan bagi mobil pembalap seperti Toyota
Celica yg beberapa kali berhasil menjadi juara reli dunia dan juga. Selain Celica,
Toyota juga membuat mobil sport laris dunia lainnya yaitu Toyota Supra dan yang
baru saja diluncurkan kemarin yaitu Toyota 86 yang didesain bagi pembalap
drift.
Mengapa
Toyota bisa menjadi nomer satu dalam produksi mobil di dunia khususnya di
Indonesia? Ini tak lepas dari tersedianya dealer dan bengkel Toyota di seluruh
kota di Indonesia, Toyota masuk ke Indonesia melalui beberapa agen dengan nama
besar yaitu Astra & Auto2000-nya, Plaza Toyota,Tunas Toyota, dan Liek
Motor. Khususnya Auto2000 yang mempunyai cabang di seluruh kota di Indonesia
tak heran masyarakat Indonesia lebih memilih Toyota agar tidak bingung bila
mencari bengkel untuk mobilnya. Toyota juga menyediakan jasa layanan yang
memanjakan pelanggan dan harga suku cadang yang terjangkau dan tersedia dimana
saja.
Ketahanan
dan kualitas produk Toyota memang sudah tidak diragukan lagi nyaris tak ada
satupun produk Toyota yang luput dari minat konsumen, mobil-mobil yang sudah
tidak diproduksi lagi seperti Kijang (Sebelum Innova), Corolla, Starlet, dan
lainnya masih diburu masyarakat sampai sekarang, tak heran alasan lain orang
membeli Toyota adalah produk Toyota mempunyai harga jual yang tinggi dan susah
jatuh, Toyota jugalah yang memimpin angka penjualan mobil bekas di Indonesia
Keunggulan-keunggulan
itulah yang mampu membuat Toyota mampu unggul dari pesaing-pesaing utamanya
dalam produksi mobil dan mejadi pilihan utama masyarakat seperti Honda, Suzuki,
dan Nissan. Pesaing utama Toyota di Indonesia yaitu Honda. Memang Honda mampu
membuat mobil dengan teknologi dan desain yang unggul diatas Toyota seperti
Honda Jazz yang merupakan rival utama Toyota Yaris tapi Toyota mampu membuat
brand image Toyota yang awet, mesin yang bandel, mempunyai harga jual yang
tinggi, dan harga yang terjangkau ketimbang Honda
Dalam
sebuah perusahaan tentulah ada faktor internal yang mendukung agar strategi
bisnis perusahaan tersebut dapat sukses, faktor-faktor tersebut adalah
kapabilitas,sumber daya, dan kompetensi inti. Dari segi kapabilitas Toyota
mampu menjadi perusahaan otomotif terbesar di dunia dengan produksi mencapai
8,5 juta unit per-tahunnya. Kesesuaian kapabiltas Toyota yaitu Toyota mampu
memproduksi mobil dengan harga, tipe, dan jenis yang sesuai dengan target
pasarnya. Toyota juga mempunyai banyak distributor dan bengkel di seluruh kota
di Indonesia melalui Astra, Plaza Toyota, dan Tunas Toyota yang tersebar di
seluruh kota di Indonesia sehingga memudahkan pelanggannya dan mempunyai
karyawan lebih dari 5000 di Indonesia, selain itu Toyota juga mempunyai anak
perusahaan seperti Lexus yang memproduksi mobil Hybrid ramah lingkungan seperti
Toyota Harrier dan Toyota Prius yang penggunanya cukup banyak di Indonesia
sehingga meningkatkan penjualan Toyota juga, Toyota juga mempunyai saham
mayoritas di Daihatsu dan Hino
Dari
segi sumber dayanya Toyota adalah perusahaan otomotif pertama yang
membuat kendaraan yang cocok dipakai sebagai mobil keluarga dan mobil dinas
sehingga kendaraan tersebut menjadi efisien contohnya saja Toyota Kijang yang
hampir dipakai sebagian besar pengguna mobil di Indonesia karena Kijang adalah
mobil pertama diproduksi dengan penggunaan yang efisien dan memiliki bentuk
yang bagus, selain itu juga ada Toyota Camry yang dipakai sebagai mobil dinas
pejabat negara sekarang ini karena memiliki kemewahan yg tinggi, perawatan yang
mudah, dan harga jual yang tinggi. Toyota mempunyai program T-TEP yaitu
pelatihan kepada anak-anak SMK untuk bekerja di Toyota sehingga anak-anak
negeri yang berprestasi inilah yang nantinya akan direkrut Toyota untuk menjadi
pekerjanya, dengan kualitas pekerja yang sangat bagus dan upah yang sangat
diminimalisir mungkin Toyota mampu memproduksi mobil dengan jumlah yang banyak,
kualitas yang bagus, dan berharga terjangkau, sumber daya yang baik sangat
dibutuhkan agar dapat menjaga kelangsungan bisnis dan kualitas kendaraan
tersebut, sehingga dibandingkan merek otomotif lainnya, kualitas Toyota memang
sangat dijamin dan mempunyai keawetan mesin yang sangat lama, Toyota juga mampu
membuat pabrik yang besar di Indonesia sehingga unit mobil yang diproduksi juga
sangat banyak dengan tercapainya faktor sumber daya maka kualitas mobil, citra
perusahaan, dan laba yang meningkat maka jumlah konsumen akan semakin meningkat
juga.
Dari
segi kompetensi inti Toyota memiliki pembagian unsur tugas dan wewenangnya
sendiri antara lain ada unsur organisasi induk, unsur pelaksana dan pendukung.
Toyota juga bergerak dalam bidang produk atau merek sehingga harus
memaksimalkan kualitas dengan harga yang terjangkau. Strategi yang dilakukan
Toyota adalah strategi pemasaran total yaitu Toyota melayani segmen dan
seluruh lapisan masyarakat dengan tingkat pendapatan dan kebutuhannya baik yang
membutuhkan mobil sedan mewah dengan tingkat kenyamanan yang tinggi seperti
Toyota Camry dan mobil keluarga yang mewah seperti Alphard, Toyota juga
menargetkan kepada lapisan masyarakat menengah yang baru saja membeli mobil
pertamanya seperti Avanza hingga memprouksi mobil keluarga yang besar, cocok
dipakai untuk instansi, dan image yang kuat seperti Kijang hingga mobil untuk
anak muda seperti Yaris. Toyota juga memproduksi sebuah mobil dengan beberapa
tipe tergantung tingkat kebutuhan konsumennya seperti Yaris yang mempunyai Tipe
J, E, S, dan TRD Sportivo dan tipe-tipe itu memiliki spesifikasi dan harga yang
berbeda tergantung selera dan kebutuhan konsumen itu sendiri.
Struktur
organisasi Toyota adalah struktur organisasi matriks dimana karyawan
dibagi-bagi dan menjadi tanggung jawab departemen tertentu seperti ada
departemen yang menangani desain mobil, produksi mobil, dan penjualan mobil itu
sendiri sehingga komunikasi teratur dan koordinasi yang baik dalam
menyelesaikan konflik dan merespon pasar sehingga Toyota mampu menjadi
perusahaan yang besar, kuat, dan mampu memimpin dalam persaingan otomotif
dunia.
Sumber:
https://anggieprabowo08.wordpress.com/2013/11/18/manajemen-bisnis-analisa-strategi-bisnis-toyota-dan-lingkungan-internal-toyota/
Baca Juga: kisi kisi universitas terbuka
Comments
Post a Comment