Kisi Kisi Perencanaan dan pengembangan bisnis Universitas Terbuka



Pengembangan Dan Perencanaan Bisnis
oleh : Gadis Manis

TUGAS 1
Dalam dunia otomotif (khususnya kendaraan roda 4 atau lebih) di Indonesia, terdapat beberapa pemasin besar, baik dari Jepang, Korea Selatan, dan perusahaan lain dari beberapa negara Eropa. Coba Anda ambil satu contoh perusahaan otomotif roda empat di Indonesia, kemudian Anda identifikasi lingkungan internal perusahaan tersebut dan berikan penjelasan secara singkat.
Toyota Motor Corporation atau yang lebih dikenal dengan Toyota adalah sebuah perusahaan otomotif yang didirikan oleh Kiichiro Toyoda yang berasal dari Jepang, Toyoda juga merupakan nama pertama dari Toyota sebelum berganti nama, Toyota pertama kali didirikan pada September 1933 sebagai divisi mobil Pabrik Tenun Otomatis Toyoda. Divisi mobil perusahaan tersebut kemudian dipisahkan pada 27 Agustus 1937 untuk menciptakan Toyota Motor Corporation seperti saat ini. Toyota merupakan pabrik mobil terbesar di dunia dengan produksi 8-8,5 juta unit mobil setiap tahunnya dan Toyota berhasil membuat mobil-mobil yang sangat populer di dunia seperti Toyota Camry yang berhasil menjadi mobil terlaris di Amerika dan Land Cruiser mobil tangguh di segala medan.
Toyota pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1971 melalui PT. Toyota Astra Motor (TAM) atau yang sekarang dikenal dengan PT Astra International Motor Pada awalnya TAM hanya berfungsi sebagai importir namun setahun kemudian TAM sukses menjadi distributor juga untuk mobil toyota di seluruh asia-pasifik, dan pada tahun 1977 muncullah Toyota Kijang yang sekarang menjadi kendaraan minibus paling populer di Indonesia. Toyota Kijang sekarang telah 5 kali berganti tipe dan model sejak awal kemunculannya hingga sekarang menjadi Toyota Kijang Innova dan penjualannya selalu mencapai angka yang besar, jauh di atas pesaing-pesaingnya seperti Mitsubishi Colt, Suzuki Carry, dan Isuzu Panther.
Pada tahun 1999 Toyota mengakuisisi 51,19% saham Daihatsu dan ini menjadi cikal bakal dari kolaborasi Toyota-Daihatsu melalui Astra di Indonesia pada tahun 2004 yang menghasilkan mobil MPV (Multi-Purpose Vehicle) sejuta umat di Indonesia yaitu Avanza-Xenia yang diproduksi oleh Astra yang sejak awal kemunculannya sampai sekarang penjualannya di Indonesia mencapai 1 juta unit, tidak  hanya Avanza-Xenia tapi kolaborasi juga menghasilkan mobil populer lainnya seperti Rush-Terios dan yang kemaren baru saja diluncurkan yaitu Agya-Ayla
Tak hanya mobil-mobil itu saja Toyota juga berhasil memproduksi mobil yang angka penjualannya tinggi dan memimpin di dunia sejak awal kemunculannya sebut saja di tipe sedan yaitu Toyota Corolla, Camry, Corona, di tipe hatchback yaitu Toyota Yaris yang menjadi salah satu hatchback paling laris di dunia dan masih banyak lagi.
Strategi kesuksesan Toyota dalam produksi mobilnya adalah Toyota selalu menampilkan inovasi terbaru dalam setiap produknya yang sedang trend atau dibutuhkan pasar. Contohnya, Toyota memproduksi Land Cruiser, mobil station wagon 4 wheel drive paling sukses di dunia. Mobil ini sudah didesain berbagai jenis seperti Hardtop, Lux, dan Station Wagon, Land Cruiser terkenal akan ketangguhannya di segala medan tak heran pada masa perang di Afrika mobil ini sangat dibutuhkan dan digunakan sebagai kendaraan perang menyaingi Jeep Willis pada waktu itu
Contoh inovasi toyota lainnya adalah Toyota Yaris yang menjadi mobil tipe hatchback yang populer di masyarakat saat ini karena mobil jenis ini sangat efisien dan irit BBM  target utama Toyota dalam memasarkan Yaris ini adalah kalangan anak muda dan eksekutif muda yang membutuhkan mobil irit, efisien, bertenaga dan mempunyai bentuk yang mudah untuk dimodifikasi. Toyota Yaris jugalah yang pertama kali membuat teknologi smart system, yaitu membuka mobil tanpa kunci dengan hanya menekan kode dan memencet tombol mobil sudah langsung menyala. Produksi Yaris ini juga untuk menyaingi rival utama Toyota di Indonesia yaitu Honda dengan Honda Jazz-nya
Keberhasilan Toyota yang paling utama saat ini adalah Toyota mampu membuat mobil dengan jenis yang sesuai dengan target pasarannya dan dengan harga yang terjangkau, contohnya saja Avanza, konsumen Avanza rata-rata adalah adalah masyarakat first buyer atau orang yang baru saja membeli mobil pertamanya atau instansi yang membutuhkan mobil dinas yang efisien, dengan harga dibawah 180 juta masyarakat menenegah bisa membeli mobil keluarga tersebut. Contoh lainnya adalah Toyota Camry, target pemasaran Camry adalah masyarakat menengah keatas yang membutuhkan sedan dengan kapabilitas, kemewahan, dan kenyamanan tinggi yang tidak kalah dengan mobil Eropa, tak heran angka penjualan Camry melebihi penjualan sedan mewah Eropa lainnya seperti Mercedes Benz dan BMW. Toyota juga berhasil membuat mobil yang cocok untuk dibuat usaha seperti Toyota Soluna dan Vios yang sebagian besar dipakai oleh perusahaan jasa angkutan umum taxi. Dengan model yang elegan, kenyamanan yang cukup tinggi irit BBM dan mempunyai daya tahan tinggi Soluna dan Vios layak dipakai sebagai unit taxi. Toyota juga membuat mobil tipe sport yang di khusukan bagi mobil pembalap seperti Toyota Celica yg beberapa kali berhasil menjadi juara reli dunia dan juga. Selain Celica, Toyota juga membuat mobil sport laris dunia lainnya yaitu Toyota Supra dan yang baru saja diluncurkan kemarin yaitu Toyota 86 yang didesain bagi pembalap drift.
Mengapa Toyota bisa menjadi nomer satu dalam produksi mobil di dunia khususnya di Indonesia? Ini tak lepas dari tersedianya dealer dan bengkel Toyota di seluruh kota di Indonesia, Toyota masuk ke Indonesia melalui beberapa agen dengan nama besar yaitu Astra & Auto2000-nya, Plaza Toyota,Tunas Toyota, dan Liek Motor. Khususnya Auto2000 yang mempunyai cabang di seluruh kota di Indonesia tak heran masyarakat Indonesia lebih memilih Toyota agar tidak bingung bila mencari bengkel untuk mobilnya. Toyota juga menyediakan jasa layanan yang memanjakan pelanggan dan harga suku cadang yang terjangkau dan tersedia dimana saja.
Ketahanan dan kualitas produk Toyota memang sudah tidak diragukan lagi nyaris tak ada satupun produk Toyota yang luput dari minat konsumen, mobil-mobil yang sudah tidak diproduksi lagi seperti Kijang (Sebelum Innova), Corolla, Starlet, dan lainnya masih diburu masyarakat sampai sekarang, tak heran alasan lain orang membeli Toyota adalah produk Toyota mempunyai harga jual yang tinggi dan susah jatuh, Toyota jugalah yang memimpin angka penjualan mobil bekas di Indonesia
Keunggulan-keunggulan itulah yang mampu membuat Toyota mampu unggul dari pesaing-pesaing utamanya dalam produksi mobil dan mejadi pilihan utama masyarakat seperti Honda, Suzuki, dan Nissan. Pesaing utama Toyota di Indonesia yaitu Honda. Memang Honda mampu membuat mobil dengan teknologi dan desain yang unggul diatas Toyota seperti Honda Jazz yang merupakan rival utama Toyota Yaris tapi Toyota mampu membuat brand image Toyota yang awet, mesin yang bandel, mempunyai harga jual yang tinggi, dan harga yang terjangkau ketimbang Honda
Dalam sebuah perusahaan tentulah ada faktor internal yang mendukung agar strategi bisnis perusahaan tersebut dapat sukses, faktor-faktor tersebut adalah kapabilitas,sumber daya, dan kompetensi inti. Dari segi kapabilitas Toyota mampu menjadi perusahaan otomotif terbesar di dunia dengan produksi mencapai 8,5 juta unit per-tahunnya. Kesesuaian kapabiltas Toyota yaitu Toyota mampu memproduksi mobil dengan harga, tipe, dan jenis yang sesuai dengan target pasarnya. Toyota juga mempunyai banyak distributor dan bengkel di seluruh kota di Indonesia melalui Astra, Plaza Toyota, dan Tunas Toyota yang tersebar di seluruh kota di Indonesia sehingga memudahkan pelanggannya dan mempunyai karyawan lebih dari 5000 di Indonesia, selain itu Toyota juga mempunyai anak perusahaan seperti Lexus yang memproduksi mobil Hybrid ramah lingkungan seperti Toyota Harrier dan Toyota Prius yang penggunanya cukup banyak di Indonesia sehingga meningkatkan penjualan Toyota juga, Toyota juga mempunyai saham mayoritas di Daihatsu dan Hino
Dari segi sumber dayanya Toyota adalah perusahaan otomotif  pertama yang membuat kendaraan yang cocok dipakai sebagai mobil keluarga dan mobil dinas sehingga kendaraan tersebut menjadi efisien contohnya saja Toyota Kijang yang hampir dipakai sebagian besar pengguna mobil di Indonesia karena Kijang adalah mobil pertama diproduksi dengan penggunaan yang efisien dan memiliki bentuk yang bagus, selain itu juga ada Toyota Camry yang dipakai sebagai mobil dinas pejabat negara sekarang ini karena memiliki kemewahan yg tinggi, perawatan yang mudah, dan harga jual yang tinggi. Toyota mempunyai program T-TEP yaitu pelatihan kepada anak-anak SMK untuk bekerja di Toyota sehingga anak-anak negeri yang berprestasi inilah yang nantinya akan direkrut Toyota untuk menjadi pekerjanya, dengan kualitas pekerja yang sangat bagus dan upah yang sangat diminimalisir mungkin Toyota mampu memproduksi mobil dengan jumlah yang banyak, kualitas yang bagus, dan berharga terjangkau, sumber daya yang baik sangat dibutuhkan agar dapat menjaga kelangsungan bisnis dan kualitas kendaraan tersebut, sehingga dibandingkan merek otomotif lainnya, kualitas Toyota memang sangat dijamin dan mempunyai keawetan mesin yang sangat lama, Toyota juga mampu membuat pabrik yang besar di Indonesia sehingga unit mobil yang diproduksi juga sangat banyak dengan tercapainya faktor sumber daya maka kualitas mobil, citra perusahaan, dan laba yang meningkat maka jumlah konsumen akan semakin meningkat juga.
Dari segi kompetensi inti Toyota memiliki pembagian unsur tugas dan wewenangnya sendiri antara lain ada unsur organisasi induk, unsur pelaksana dan pendukung. Toyota juga bergerak dalam bidang produk atau merek sehingga harus memaksimalkan kualitas dengan harga yang terjangkau. Strategi yang dilakukan Toyota adalah strategi pemasaran total  yaitu Toyota melayani segmen dan seluruh lapisan masyarakat dengan tingkat pendapatan dan kebutuhannya baik yang membutuhkan mobil sedan mewah dengan tingkat kenyamanan yang tinggi seperti Toyota Camry dan mobil keluarga yang mewah seperti Alphard, Toyota juga menargetkan kepada lapisan masyarakat menengah yang baru saja membeli mobil pertamanya seperti Avanza hingga memprouksi mobil keluarga yang besar, cocok dipakai untuk instansi, dan image yang kuat seperti Kijang hingga mobil untuk anak muda seperti Yaris. Toyota juga memproduksi sebuah mobil dengan beberapa tipe tergantung tingkat kebutuhan konsumennya seperti Yaris yang mempunyai Tipe J, E, S, dan TRD Sportivo dan tipe-tipe itu memiliki spesifikasi dan harga yang berbeda tergantung selera dan kebutuhan konsumen itu sendiri.
Struktur organisasi Toyota adalah struktur organisasi matriks dimana karyawan dibagi-bagi dan menjadi tanggung jawab departemen tertentu seperti ada departemen yang menangani desain mobil, produksi mobil, dan penjualan mobil itu sendiri sehingga komunikasi teratur dan koordinasi yang baik dalam menyelesaikan konflik dan merespon pasar sehingga Toyota mampu menjadi perusahaan yang besar, kuat, dan mampu memimpin dalam persaingan otomotif dunia.






Sumber:
https://anggieprabowo08.wordpress.com/2013/11/18/manajemen-bisnis-analisa-strategi-bisnis-toyota-dan-lingkungan-internal-toyota/



Comments

Popular posts from this blog

Setiap pendekatan mempunyai kelebihan dan kelemahan Jelaskan kelebihan dan kelemahan Pendekatan Sistem

Soal Diskusi 7 Pengantar Ilmu Ekonomi

Kisi Kisi Bahasa Inggris Niaga Universitas Terbuka