Kisi Kisi Ut Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar



Oleh Gadis Manis


Apakah kebudayaan itu tetap atau berubah?
Kebudayaan sifatnya dinamis, dimana selalu mengalami perubahan. Perubahan dapat berjalan cepat maupun lambat.terdapat berbagai sebab yang dapat melatarbelakangi terjadinya perubahan kebudayaan diantaranya:
– Perubahan lingkungan alam,
– perubahan karena kontak dengan kelompok lain, atau
– perubahan adanya penemuan.
fenomena menarik yang nampaknya semakin tidak dapat kita hindari adalah globalisasi dimana saling ketergantungan antar warga dunia semakin besar. Walters mengemukakan bahwa globalisasi berlangsung di tiga bidang kehidupan yaitu ekonomi, politik dan budaya. prof Fuad Hasan berpandangan bahwa peningkatan pertemuan kebudayaan global akan saling mempengaruhi, tetapi pertemuan antarbudaya tidak berlangsung secara timbal balik, melainkan tetap cenderung bersifat satu arah.
Peran manusia  didalam kebudayaan.
Manusia sebagai makhluk yang kompleks memiliki berbagai kemampuan dalam mengatasi masalah yang dihadapinya. Kemampuan tersebut mencakup akal, intelegensia, dan intuisi; perasaan dan emosi; kemauan; fantasi; serta perilaku. kemampuan inilah yang membuat manusia mendapat predikat sebagai pencipta kebudayaan. antara manusia dan kebudayaan saling terkait dimana kebudayaan adalah produk manusia, namun manusia itu sendiri adalah produk kebudayaan. Berger mengemukakan bahwa terdapat tiga langkah yang merupakan komponen proses dialektik yang terjadi yaitu eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi.

Ilmu sosial dan budaya dasar.
Menurut saya kebudayaan itu pada dasarnya memiliki kecenderungan bertahan dan berubah. Kebudayaan bertahan karena unsur-unsur kebudayaan itu berasal dari warisan turun temurun dan berlangsung sudah sejak lama. Kebudayaan ini berfungsi sebagai pedoman hidup dan didasari oleh keinginan untuk tetap menjaga kelestarian kebudayaan tersebut. Sedangkan kebudayaan berubah mengikuti perkembangan, situasi dan kondisi masyarakat yang sesuai dengan zamannya. Pada hakekatnya kebudayaan berfungsi sebagai pedoman hidup, unsur-unsur kebudayaan yang menjadi milik masyarakat sebagai suatu sistem haruslah tetap dipertahankan. Sebab perubahan terhadap suatu unsur kebudayaan akan menggoyahkan sistem yang sudah terbentuk. Di sisi lain juga kita ketahui bahwa kehidupan masyarakat di dunia ini adalah dinamis, tidak ada yang tetap dan akan selalu berubah. Jadi perubahan kebudayaan merupakan suatu hal yang harus dan pasti, sebab masyarakat yang menjadi pendukung kebudayaan tersebut akan berubah dan berkembang dan menyesuaikan dengan zamannya.

Peran manusia didalam kebudayaan sangatlah penting, karena merupakan salah satu unsur dasar dalam kehidupan masyarakat sosial dan menyangkut identitas dan kepribadian bangsa, bahkan sudah dianggap sebagai harga diri bangsa. Manusia perlu menjaga kebudayaannya, karena itulah identitas dan ciri khas mereka. Kebudayaan memiliki peranan penting dalam membentuk pola pikir dan pergaulan dalam masyarakat. Pola pikir, kepercayaan dan ideologi yang mereka anut adalah karakter kelompok mereka. Kebudayaan mencakup perbuatan dan aktifitas sehari-hari yang dilakukan oleh individu maupun masyarakat dan sudah pasti bahwa kebudayaan suatu daerah akan berbeda dengan daerah lain.


Referensi: Hertati, dkk

Comments

Popular posts from this blog

Setiap pendekatan mempunyai kelebihan dan kelemahan Jelaskan kelebihan dan kelemahan Pendekatan Sistem

Soal Diskusi 7 Pengantar Ilmu Ekonomi

Kisi Kisi Bahasa Inggris Niaga Universitas Terbuka