PENGANTAR ILMU ADMINISTRASI NIAGA


pengantar ilmu administrasi niaga tutorial online
oleh Gadis Manis

Diskusi 1
Soal: Sebagai pembukaan dari diskusi, cobalah Anda jelaskan dan ndiskusikan perbedaan antara administrasi dengan manajemen.

 jawab:

Perbedaan administrasi dan manajemen disini adalah dari ranah domain aspek keorganisasi dalam keilmuan tersebut.
Klo berbicara ranah domain aspek-aspek organisasi, jelas dua keilmuan tersebut memilik pembeda, pak
Saya mengutip kepada pendapatnya Hodgkinson dalam bukunya berjudul  Toward a Philosophy of Administration, Oxford: Basil Blackwell  (1978: 5) mendefinisikan administrasi sebagai: ”those aspects dealing more with the formulation of purspose, the value-laden issues, and the human component of organizations”. Administrasi adalah aspek-aspek organisasi yang lebih berurusan dengan formulasi tujuan, masalah-masalah yang menyangkut nilai, dan komponen manusia dalam organisasi.

Sementara manajemen diartikan, “those aspects wich more routine, definitive, programmatic, and susceptible to quantitative methods.” Manajemen adalah aspekaspek organisasi yang lebih rutin, definitif, terprogram, dan cenderung kepada metode kuantitatif.

Untuk saat ini menurut saya pandangan dari Hodgkinson ini tampaknya relevan, mengingat lingkungan organisasi dewasa ini menuntut cara pandang yang lebih luas daripada sekedar masalah teknis efektivitas dan efisiensi sebagaimana sangat ditekankan oleh manajemen.
Organisasi tidak cukup hanya dipandang sebagai proses internal saja. Analisis stakeholders yang sekarang hampir merupakan suatu ‘kewajiban’ dalam pengelolaan organisasi. Organisasi yang hanya memperhatikan aspek internal tentu akan mengalami suatu kemunduran (decline) produktifitas. Di sini menurut Hodgkinson meyakini bahwa administrasi-lah yang terutama bertugas atau bertanggung-jawab pada upper level sebagai penentu arah dan kebijakan organisasi. 
jawab:
Administrasi ditujukan terhadap penentuan tujuan pokok dan kebijaksanaannya, sedangkan Manajemen ditujukan terhadap pelaksanaan kegiatan dengan maksud menyelesaikan / mencapai tujuan dan pelaksanaan kebijaksanaan.
Administrasi sebagai suatu proses dan badan yang bertanggung jawab terhadap penentuan tujuan, dimana organisasi dan manajemen digariskan, sifatnya menentukan garis besar daripada suatu kebijaksanaan dan pemberian pengarahan. Sedangkan Manajemen, prosesnya bagaimana secara langsung kegiatan-kegiatan itu dilakukan untuk merealisasikan suatu tujuan dengan mengatur tindakan-tindakan itu agar dapat tercapai tujuan itu.
Pada intinya, perbedaan administrasi dan manajemen dapat dilihat dari konsep dan filosofisnya.
Secara konsep, Mantja (2000) menjelaskan administrasi merupakan penerapan berpikir rasional untuk mengorganisasikan kegiatan-kegiatan. Sedangkan, manajemen lebih banyak dititikberatkan pada hal yang bersifat teknis yang mengharuskan adanya keterampilan dalam melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian. Keterampilan manajemen tersebut merupakan hal mendasar yang memperkuat administrasi.
Secara filosofis administrasi adalah adanya aktivitas sekelompok manusia yang mencakup aspek manajemen, organisasi, komunikasi, kepegawaian, perlengkapan, keuangan, sekretariat, dan lingkungan. Dimana aspek-aspek tersebut saling berkaitan dan mempunyai tugas dan fungsi masing-masing untuk mencapai tujuan bersama (Fathoni, 2006: 4-5). Sedangkan manajemen adalah kerjasama yang saling menguntungkan, efektif, dan dengan metode kerja yang terbaik untuk mencapai hasil yang optimal (Hasibuan, 2007: 5). Kerja sama yang dilakukan dalam manajemen tentu berawal dari adanya sekelompok manusia yang melakukan aktivitas.
jawab:
Perbedaan Administrasi & Manajemen
Administrasi ialah kumpulan kegiatan / pelayanan yang dilakukan agar memudahkan tercapainya suatu tujuan tertentu. Yang banyak diantara aktivitasnya yang dilakukan dengan maksud dan tujuan tertentu agar memudahkan / melancarkan tujuan tersebut. Didalam sejarahnya administrasi memiliki unsur seni dan ilmu pengetahuan, karena kegiatan administrasi dapat diaplikasikan dengan berbagai cara yang didasari oleh ilmu pengetahuan dalam melakukan kegiatan tersebut. Dalam suatu perusahaan administrasilah yang dapat merapikan dan membuat struktur dalam perusahaan tersebut. Sehingga job desk masing masing depart./ bagian dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Dengan pembagian kerja sebagaimana ditentukan dalam struktur untuk mencapai tujuan secara ekektif dan efisien.
Sedangkan Manajemen
Sama halnya dengan administrasi, manajemen pun memiliki dasar seni dan ilmu dalam aktivitasnya  . Dalam pengertian manajemen sebagai seni karna seni berfungsi dalam mengujudkan tujuan yang nyata dengan hasil atau manfaat sedangkan manajemen sebagai ilmu yang berfungsi menerangkan fenomena-fenomena, kejadian sehingga memberikan penjelasan yang sebenarnya. Seperti dalam perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengendalian atau pengawasan.
Manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu "Manage" yang berarti, mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin. Sedangkan Pengertian Manajemen secara etimologis adalah seni melaksanakan dan mengatur. 
Setelah mengetahui beberapa definisi administrasi dan manajemen dapat disimpulkan yang menjadi pembeda diantara mereka ialah :
  • Administrasi lebih kepada proses dalam aktivitasnya
  • Sedangkan manajemen ialah suatu pengaturan atau keputusan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan yang ingin dicapai, namun manajemen lebih luas penjabarannya. Karena lingkup yang dihadapinya lebih besar.
  • Walaupun administrasi dan manajemen sama-sama dilakukan untuk memudahkan pencapaian suatu organisasi/perusahaan. Namun action/aktivitas dalam pencapaian tersebutlah yang membedakan. Manajemen tidak mendetailkan segala sesuatu seperti yang dilakukan di administrasi dan begitupula administrasi tidak mempunyai wewenang kuat dalam mengambil keputusan / mengatur dalam suatu perusahaan/organisasi.
Sekian, Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Setiap pendekatan mempunyai kelebihan dan kelemahan Jelaskan kelebihan dan kelemahan Pendekatan Sistem

Soal Diskusi 7 Pengantar Ilmu Ekonomi

Kisi Kisi Bahasa Inggris Niaga Universitas Terbuka