Jelaskan praktek kapabilitas sistem politik di Indonesia menurut Anda


Jelaskan praktek kapabilitas sistem politik di Indonesia menurut Anda
Diskusi2
oleh gadis manis

Jelaskan praktek kapabilitas sistem politik di Indonesia menurut Anda jawab:
Jelaskan Praktek Kababilitas sistem politik di Indonesia ?
Dari 6 jenis kapabilitas menurut Almond, kapabilitas sistem politik di Indonesia sudah mulai diterapkan pemerintah dengan bukti memaksa PT Freeport untuk mengikuti uu minerba terkait smelter dan ekspor hasil tambang dengan menunjau kontrak kerja yang illegal. Pemerintah mulai mewujudkan upaya pemberantasan Korupsi secara terstruktur, sistematis dan masif dengan pembentukan saber pungli. Penegakan hukum juga dilaksanakan tanpa pandang bulu. Hubungan dengan legislatif pun sudah saling percaya dan memberikan legitimasi yang kuat terhadap program dan kebijakan pemerintah.
Sehingga dalam pandangan saya, Indonesia saat ini sudah sesuai dan memiliki kekuatan dalam menjaga stabilitas politik dan pemerintahan dengan bentuk kerjasama antara Indonesia-Arab Saudi  yang dibuktikan dengan kunjungan Raja Salman bin abdul aziz al saud dari tanggal 1-9 Maret 2017. Termasuk dalam lingkungan ASEAN, berjalan dengan baik.
Upaya mewujudkan satu harga BBM di seluruh Indonesia juga sudah diterapakan sehingga harga BBM di Pulau Jawa dengan Papua adalah sama. Regulasi tentang penenggelaman kapal-kapal asing yang melakukan pencurian ikan juga sudah dilaksanakan secara profesional.
Keikutan masyarakat dalam program tax amesty juga berhasil untuk meningkatkan pendapatan negara. pencabutan subsidi BBM tidak menimbulkan gejolak di masyarakat karena pemerintah berhasil meyakinkan kepada masyarakat melalui program Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat.
Hal tersebut, dapat terwujud karena kinerja pemerintahan di bawah kepemimpinan Ir. Joko Widodo mampu mewujudkan sistem pemerintahan yang sederhana, transparan, bersih dan profesional.
jawab
Kapabilitas system politik adalah kemampuan system politik dalam menghadapi tantangan, dinamika dan perubahan-perubahan yang terjadi dalam suatu Negara. Terdapat 6 kapabilitas system politik, yaitu:
  1. Kapabilitas Ekstraktif, yakni yang menyangkut sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM)
  2. Kapabilitas Distributif, yakni kemampuan system politik dalam membagikan sumber daya alam dan sumber daya manusia tersebut ke seluruh wilayah dengan seadil-adilnya.
  3. Kapabilitas Regulatif, yakni dalam pembuatan peraturan-peraturan dari tingkat tertinggi sampai tingkat yang terendah.
  4. Kapabilitas Simbolik, yakni yang berkaitan dengan kharisma seorang pemimpin.
  5. Kapabilitas Responsif, yakni bagaimana tanggapan pemerintah dalam menghadapi tuntutan-tuntutan masyarakat.
  6. Kapabilitas dalam Negeri & Internasional, yakni bagaimana system politik dapat bertahan menghadapi dinamika dan tekanan-tekanan baik internal maupun eksternal.

Comments

Popular posts from this blog

Setiap pendekatan mempunyai kelebihan dan kelemahan Jelaskan kelebihan dan kelemahan Pendekatan Sistem

Soal Diskusi 7 Pengantar Ilmu Ekonomi

Kisi Kisi Bahasa Inggris Niaga Universitas Terbuka