apakah yang menyebabkan Gerakan Sosial Baru sekarang ini banyak tumbuh di Indonesia


Diskusi
apakah  yang menyebabkan Gerakan Sosial Baru sekarang ini banyak tumbuh di Indonesia
oleh: Gadis Manis

Demokrasi di Indonesia sudah masuk dalam tahap konsolidasi dengan penguatan nilai-nilai demokrasi. Penguatan nilai-nilai ini ditandai dengan partisipasi rakyat yang tinggi dalam kehidupan politik yang salah satunya diwujudkan melalui Gerakan Sosial Baru (GSB).
Salah satu contoh riil adalah keterlibatan masyarakat luas dalam menekan kebijakan pemerintah adalah melalui gerakan petani seperti dalam tulisan Suharko dan Ahmad Sufyan (terlampir), gerakan netizen dan lainnya.
Merujuk pada pernyataan di atas, mohon anda jawab dan diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1. Apa yang dimaksud dengan Gerakan Sosial Baru?
2. Menurut anda, apakah  yang menyebabkan Gerakan Sosial Baru sekarang ini banyak tumbuh di Indonesia?
3. Apakah GSB model ini cukup efektif dalam menekan pemerintah dan menumbuhkan partisipasi politik rakyat Indonesia?

jawab:
gerakan sosial baru (GSB)merupakan gerakan sosial yang bertujuan membentuk aktifitas sosial masyarakat yang berfokus pada isu sosial dan politik. dimana hal tersebut dapat mempengaruhi gaya hidup yang berhubungan dengan kebijakan publik dan juga perubahan ekonomi. 2. gerakan sosial baru(GSB) di indonesia banyak tumbuh atau mudah berkembang karena mudahnya masyarakat menerima isu-isu atau berita yang berhubungan dengan perubahan bidang politik,sosial dan budaya dimana masyarakat menanggapi isu-isu tersebut dengan tindakan besar. 3. menurut saya gerakan sosial baru belum efektif dalam menekan pemerintah dan menumbuhkan partisipasi politik rakyat karena gerakan yang ada besifat stabil dan juga monoton sehingga tidak mempunyai arah dan tujuan yang jelas. hal tersebut mengurangi minat masyarakat dalam partisipasi politik.
jawab:
Gerakan sosial baru pada dasarnya merupakan upaya kolektif untuk mengejar suatu kepentingan bersama atau mencapai tujuan bersama melalui tindakan kolektif
Gerakan sosial baru banyak tumbuh di Indonesia karena adanya masalah sosial dan untuk memecahkannya masyarakat secara gigih masyarakat melibatkan diri dalam collective action. Orientasi gerakan sosial adalah terciptanya tatanan lebih berkeadilan sosial melalui perubahan sosial dari yang semula sarat dengan eksploitasi menuju keseimbangan yang relatif bisa memuaskan semua komponen. Gerakan sosial baru banyak tumbuh di Indonesia merupakan perkembangan konsep dari gerakan sosial untuk mengoreksi prinsip-prinsip, strategi, aksi ataupun pilihan ideologis yang digunakan Gerakan sosial lama dengan tujuan ekonomis material sebagaimana tercermin dari gerakan kaum buruh. Oleh karena itu GBL menetapkan tujuan-tujuan non ekonomis material, lebih menekankan pada perubahan-perubahan gaya hidup dan kebudayaan daripada mendorong perubahan spesifik dalam kebijakan publik atau perubahan ekonomi.
GBS model ini cukup efektif dalam menekan pemerintah dan menumbuhkan politik rakyat Indonesia karena munculnya fenomena gerakan tidak terlepas dari pandangan yang beranggapan bahwa gerakan sosial sebagai kekuatan yang cukup efektif untuk menciptakan adanya perubahan dan tatanan yang sesuai dengan kehendak masyarakat
jawab:
1. Gerakan sosial baru adalah gerakan sosial yang mempunyai tujuan sebagai kelompok penekan, yang tujuannya tidak saja memepengaruhi proses-proses kebijakan tetapi menuntut perubahan-perubahan paradigma politik.
2. Penyebab gerakan sosial baru sekarang ini banyak tumbuh di Indonesia karena masyarakat Indonesia sangat peduli dengan kemajuan bangsa Indonesia & melalui gerakan inilah mereka dapat berpengaruh terhadap perjalanan perkembangan bangsa Indonesia.
3. Gerakan Sosial Baru (GSB) cukup efektip dalam menekan pemerintah dan menumbuhkan partisipasi politik rakyat Indonesia karena pemerintah Indonesia sangat menghargai aspirasi rakyatnya.

Comments

Popular posts from this blog

Setiap pendekatan mempunyai kelebihan dan kelemahan Jelaskan kelebihan dan kelemahan Pendekatan Sistem

Soal Diskusi 7 Pengantar Ilmu Ekonomi

Kisi Kisi Bahasa Inggris Niaga Universitas Terbuka