Arsip diskusi Perencanaan dan pengembangan bisnis


diskusi Perencanaan dan pengembangan bisnis
oleh gadis manis
Diskusi 1
Rencana bisnis merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Pertanyaannya adalah sejauhmana pentingnya rencana bisnis tersebut, baik pada tataran operasional maupun manajerial perusahaan? Coba Anda diskusikan tentang hal tersebut dalam forum ini.
Selamat berdiskusi!
jawab:
Rencana bisnis bisa memberikan panduan bagi manajer dalam mengeksploitasi peluang usaha. Rencana bisnis akan memberi arahan apa yang harus dilakukan untuk memperoleh benefit dari suatu peluang usaha, menentukan di mana posisi perusahaan berada dibandingkan dengan pesaing, serta memberi arahan untuk memfokuskan sumber daya internal (manusia, modal, peralatan, teknologi).
Rencana bisnis bisa menjadi panduan arah pengembangan usaha selama 3 - 5 tahun mendatang.
Rencana bisnis bisa menjadi patokan dalam melakukan evaluasi dengan membandingkan pencapaian tujuan riil (actual result) dan tujuan perusahaan yang direncanakan.
Rencana bisnis juga berfungsi sebagai motivator untuk meningkatkan kinerja usaha secara berkelanjutan.
Referensi: Suryanto. 2016. Perencanaan dan Pengembangan Bisnis.

atau 
Rencana bisnis adalah sebuah strategi yang harus direncanakan oleh pelaku bisnis ( perusahaan ) untuk mengembangkan bisnis mereka dengan berfokus pada tujuan untuk mendapatkan keuntungan dan keberlangsungan usaha.
Rencana bisnis sangat penting dilakukan bagi perusahaan yang baru berdiri, yang membutuhkan dukungan keuangan yang besar, dan berencana untuk go public dimasa mendatang. Karena sukses sebuah bisnis ditentukan dalam perencanaan strategis dan langkah-langkah usaha untuk menerapkan rencana tersebut.
Pentingnya rencana bisnis tersebut, baik pada tataran operasional maupun manajerial perusahaan yaitu karena rencana bisnis merupakan pedoman untuk mempertajam rencana-rencana yang diharapkan, sebab didalam perencanaan bisnis, kita dapat mengetahui posisi perusahaan pada saat ini, arah tujuan perusahaan dan bagaimana cara mencapai sasaran yang diinginkan.
Diskusi 2
Ringkasan eksekutif (executive summary) merupakan informasi tentang perusahaan yang penting bagi calon investor. Pertanyaannya adalah apakah ringkasan eksekutif  juga penting bagi usaha mikro atau usaha kecil ketika membutuhkan tambahan modal untuk pengembangan usahanya? Berikan penjelasan secara singkat!
jawab:
Rencana eksekutif penting untuk semua jenis usaha, tak terkecuali usaha mikro.
Rencana eksekutif bertujuan memberikan gambaran singkat dari seluruh rencana bisnis. Investor biasanya tak akan membaca semua halaman rencana bisnis. Bagi calon kreditor dan investor, waktu untuk membaca rencana bisnis tak setiap saat tersedia. Membaca rencana eksekutif lebih memudahkan investor untuk cepat menangkap ide rencana bisnis.
Usaha besar pun jika gagal meyakinkan investor, maka tidak akan mendapat pendanaan usaha.
Apabila rencana eksekutif disajikan dengan tak menarik misalnya disajikan bertele-tele atau dipenuhi istilah teknis, maka investor tak mudah menemukan daya tarik usaha itu. Kemungkinan besar rencana bisnis akan disisihkan dan dianggap tak layak untuk didanai.
atau
Ringkasan eksekutif (Executive Summary) merangkum secara singkat seluruh isi rencana bisnis baik menyangkut tujuan usaha, strategi usaha, tujuan penyusunan rencana bisnis, uraian umum usaha, rencana pemasaran, rencana produksi, rencana sumber daya manusia, rencana keuangan dan resiko-resiko uasah di masa depan.
Jadi, selain usaha yang berskala besar, usaha mikro atau usaha kecil pun memerlukan executive summary, agar meyakinkan kepada calon investor/kreditor terutama ketika membutuhkan tambahan modal untuk pengembangan usahanya.
Alasan executive summary sangat penting karena agar evaluator bisa cepat menangkap ide rencana bisnis usaha tersebut dan membangkitkan minat evaluator membaca semua rencana bisnis.
Diskusi 4
Dalam diskusi 4 ini kita akan mendiskusikan tentang lokasi pendirian pabrik. Adapun pertanyaan-pertanyaan sebagai bahan diskusi adalah:
1. Jika seseorang hendak mendirikan pabrik tahu atau tempe, dimana sebaiknya ia mendirikan pabriknya, apakah dekat dengan pasar atau sumber bahan baku? Jelaskan alasan Anda!
2. Jelaskan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan ketika seseorang hendak memilih lokasi dalam rangka mendirikan pabriknya?
Selamat berdikskusi!
jawab:
1. Lokasi pabrik  lebih baik apabila dipilih tempat yang lebih dekat dengan sumber bahan baku dari perusahaan yang bersangkutan. Dan berdekatan dengan lokasi pasar, produk perusahaan akan mendapatkan berbagai macam keuntungan. Keuntungannya antara lain : keuntungan pengangkutan barang jadi dari pabrik ke pasar produk perusahaan tersebut, kemudahan pengawasan angkutan, kecepatan memperoleh informasi pasar, dll.
Semakin strategis suatu lokasi industri, berarti akan semakin besar peluang keuntungan yang akan diperoleh.
2. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan lokasi industri, di antaranya sebagai berikut:

A. Bahan mentah

Bahan mentah merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dalam kegiatan industri, sehingga keberadaannya harus selalu tersedia dalam jumlah yang besar demi kelancaran dan keberlanjutan prose produksi.
B. Modal
Modal yang digunakan dalam peoses produksi merupakan hal yang sangat penting. Hal ini kaitannya dengan jumlah produk yang akan dihasilkan, pengadaan bahan mentah, tenaga kerja yang dibutuhkan, teknologi yang akan digunakan, dan luasnya sistem pemasaran.
C. Tenaga kerja
Tenaga kerja merupakan tulang punggung dalam menjaga kelancaran proses produksi, baik jumlah maupun keahliannya.

D. Sumber energi
Kegiatan industri sangat membutuhkan energi untuk menggerakkan mesin- mesin produksi, misalnya: kayu bakar, batubara, listrik, minyak bumi, gas alam, dll
E. Transportasi
Kegiatan industri harus ditunjang oleh kemudahan sarana transportasi dan perhubungan. Hal ini untuk melancarkan pasokan bahan baku dan menjamin distribusi pemasaran produk yang dihasilkan.

F. Pasar
Lokasi suatu industri diusahakan sedekat mungkin menjangkau konsumen, agar hasil produksi mudah dipasarkan.

G. Teknologi yang digunakan
Penggunaan teknologi yang kurang tepat dapat menghambat jalannya suatu kegiatan industri. Penggunaan teknologi yang disarankan penggunaan teknologi yang ramah lingkungan.

H. Perangkat hukum
Perangkat hukum dalam bentuk peraturan dan perundang-undangan sangat penting demi menjamin kepastian berusaha karena menyangkut modal yang digunakan, kesejahteraan tenaga kerja, dan dampak negatif (limbah) yang ditimbulkan.

I. Kondisi lingkungan
Faktor lingkungan yang dimaksud ialah segala sesuatu yang ada di sekitarnya yang dapat menunjang kelancaran produksi. Suatu lokasi industri yang kurang mendukung, seperti keamanan dan ketertiban, jarak ke pemukiman, struktur batuan yang tidak stabil, iklim yang kurang cocok, terbatasnya sumber air, dan lain-lain, hal ini dapat menghambat keberlangsungan kegiatan industri.
 atau
1). Lokasi pabrik  lebih baik apabila dipilih tempat yang lebih dekat dengan sumber bahan baku dan berdekatan dengan lokasi pasar, produk perusahaan akan mendapatkan berbagai macam keuntungan. Keuntungannya antara lain : keuntungan pengangkutan barang jadi dari pabrik ke pasar produk perusahaan tersebut, kemudahan pengawasan angkutan, kecepatan memperoleh informasi pasar, dll.
Semakin strategis suatu lokasi industri, berarti akan semakin besar peluang keuntungan yang akan diperoleh.
2). 
Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi pabrik adalah:
  1. Lingkungan masyarakat sekitar lokasi, seperti kesediaan masyarakat atas dibangunnya pabrik karena akan menghasilkan limbah serta keamanan dan ketertiban lingkungan.
  2. Kedekatan dengan pasar untuk memasarkan atau menjual produk yang dihasilkan.
  3. Tenaga kerja : ketersediaan tenaga kerja yang dapat memenuhi kebutuhan produksi perusahaan.
  4. Kedekatan dengan bahan mentah dan supplier yang menjadi pemasok bahan baku produksi.
  5. Fasilitas dan biaya transportasi, fasilitas pendukung produksi disekitar lokasi apakah tersedia, seperti jalan raya yang digunakan untuk kemudahan sarana transportasi dan perhubungan
  6. Ketersediaan sumber daya alam lainnya yang digunakan sebagai penunjang kegiatan produksi, seperti air dan listrik.

semoga bermanfaat mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan.




Comments

  1. Guys, maaf numpang share ya...silahkan kunjungi website saya www.mariong.com , Dijamin anda tidak akan rugi !! kunjungi sekarang. Thanks :)

    ReplyDelete
  2. Yuk Gabung di Bolayo.com

    Minimal deposit 50ribu
    Bonus Member 30%
    Bonus Harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bolayo.com

    Whatsapp kami
    +6282321807397

    ReplyDelete
  3. Dapatkan pinjaman dana paling tinggi hanya dengan jaminan bpkb mobil, proses pencairan cepat dan pembiayaan kredit mobil bekas dp rendah untuk seluruh wilayah di Indonesia.

    Untuk pengajuan pinjaman dana jaminan bpkb mobil atau pembiayaan mobil bekas, Silahkan hubungi marketing kami berikut ini. Cukup melalui sms atau whatsapp, Kemudian marketing kami akan menghubungi Anda.

    Contact Person :
    Sukma Dinata ( Marketing Officer )
    Tlp/ Sms/ WhatsApp/ Line : 081280295839
    https://www.jaminkanbpkb.com/
    https://www.jaminkanbpkb.com/p/leasing-pembiayaan-kredit-mobil-bekas.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Setiap pendekatan mempunyai kelebihan dan kelemahan Jelaskan kelebihan dan kelemahan Pendekatan Sistem

Soal Diskusi 7 Pengantar Ilmu Ekonomi

Kisi Kisi Bahasa Inggris Niaga Universitas Terbuka